Kolom Pencarian Menu Utama

Sekarang ini makin banyak motor matic yang bertebaran di jalanan, sementara motor bebek makin jarang terlihat. Kayanya para konsumen yang dulu suka bebek, sekarang beralih ke matic yang lebih comfy dan praktis buat bawa barang.

Sebelum sistem bahan bakar injeksi di aplikasikan pada motor matic pun, motor tipe matik dikenal sebagai jenis motor yang tingkat konsumsi BBM-nya boros.

Nah, borosnya ini nggak cuma gara-gara gaya nyetir yang kurang efektif di jalan macet, di mana kita jadi sering putar gas karena stop-and-go.

Tapi loh, kalau jalanannya jarang macet tapi maticmu tetap boros? Wah, pasti ada yang nggak beres, Sob!

Ngga bisa dipungkiri, banyak juga kasus yang muncul setelah umur motor lebih dari setahun, motor matic ini malah makin boros BBM. Ini yang bikin kepikiran, apa sih penyebabnya?

Nih, ada beberapa penyebab borosnya motor matic selain jalan macet yang tadi kita bahas:

Kebiasaan memanaskan mesin terlalu lama

Pengguna motor yang tadinya punya motor manual biasanya suka memanaskan mesin lama-lama. Meskipun mesin perlu dipanaskan sebelum digunakan, kalau kepanasan berlebihan, malah bikin konsumsi BBM melonjak.

Lupa atau jarang ganti oli

    Ganti oli sesuai jadwal itu penting banget, Sob! Kalau telat, bisa bikin mesin kerja lebih berat. Akhirnya, BBM pun terkuras lebih banyak.

    Filter udara kotor

      Mungkin kedengarannya sepele, tapi filter udara yang kotor bisa mengganggu aliran udara ke ruang bakar. Akibatnya, pembakaran jadi nggak maksimal, dan motor jadi boros BBM. Solusinya? Bersihkan filter secara berkala!

      Kerak pada blok mesin

        Kerak yang menumpuk di blok mesin bisa mengganggu pembakaran dan tentunya meningkatkan konsumsi BBM. Jadi, jangan lupa bersihkan ya!

        Busi yang udah nggak layak pakai

          Jarak renggang busi yang nggak sesuai bisa bikin borosnya konsumsi BBM. Kalau busi rusak, biasanya suaranya jadi brebet.

          Setelan klep yang nggak pas

            Jarak renggang klep yang nggak sesuai standar pabrikan bisa bikin pembakaran jadi nggak sempurna, lho! Akibatnya, konsumsi BBM naik.

            Motor yang kotor

              Eh, ternyata motor yang kotor bisa bikin boros BBM juga, Sob! Kotoran yang menumpuk bisa mengganggu perputaran, bikin mesin kerja lebih berat.

              Yuk, bawa motor matic kesayangan Sobat Oto ke bengkel terpercaya dan tanyakan kemungkinan-kemungkinan penyebab boros yang sudah kita bahas tadi ke teknisi yang ada di sana. Semoga bisa ketemu solusinya, ya!

              Hai, jangan lupa bagikan tulisan

              Penyebab Motor Matic Boros : Jangan Salahkan Mesin Doang Sob!

              di sosial media kesayangan Anda...
              Facebook Twitter Google+

              Tinggalkan Balasan

              Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *