Kolom Pencarian Menu Utama

Saat Anda ingin membuat STNK dan BPKB baru untuk kendaraan bermotor Anda, penting untuk mengetahui tarif yang berlaku. Tarif pajak STNK dan BPKB dapat bervariasi tergantung pada jenis kendaraan dan daerah tempat Anda melakukan proses pembuatan.

Peraturan yang mengatur ini ada pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang di keluarkan pada tanggal 6 Desember 2016. Kebijakan ini merupakan pengganti dari peraturan sebelumnya, yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2010 yang mengatur hal serupa. Peraturan baru ini mulai berlaku efektif pada tanggal 6 Januari 2017.

Peraturan tersebut menetapkan tarif baru untuk pengurusan surat-surat kendaraan bermotor, baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat, yang di keluarkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia secara nasional.

Dalam ketentuan baru ini, terdapat peningkatan tarif untuk pengurusan seperti pengesahan STNK, penerbitan nomor registrasi kendaraan bermotor pilihan, serta surat izin dan STNK untuk lintas batas negara.

Biaya pajak STNK dan BPKB yang baru ini memang meningkat dua hingga tiga kali lipat. Sebagai contoh:

Peningkatan yang cukup signifikan juga terjadi dalam penerbitan BPKB baru, khususnya untuk penggantian kepemilikan (mutasi). Rinciannya adalah sebagai berikut:

Hai, jangan lupa bagikan tulisan

Tarif atau Biaya Pajak STNK dan BPKB Terbaru

di sosial media kesayangan Anda...
Facebook Twitter Google+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *