Kolom Pencarian Menu Utama

Sobat Oto, mari kita jalan-jalan sejenak ke dunia yang penuh warna dari cairan penyelamat kendaraan bermotor: oli mesin! Yup, oli itu seperti darah bagi si motor kesayangan kita, penting banget keberadaannya, lho. Dia kerja keras nih, ngurangin goresan antar-komponen mesin yang suka gesek-gesekan.

Nah, kalau kita rajin ganti oli secara berkala, itu bisa menghindari risiko gesekan berlebih yang bisa bikin komponen mesin aus. Jangan sampai oli terlalu encer ya, nanti malah jadi nggak efektif. Kadang kondisi oli di mesin nggak selalu se-fresh daisy, bisa jadi udah encer atau kotoran-kotoran mengendap di situ.

Obrolan tentang ganti oli tuh kayak lagu yang nggak berhenti, nggak cuma ngebahas keunggulan oli, tapi juga sering jadi perdebatan, nih. Nah, pertanyaannya, apa sih efeknya kalau kita sering gonta-ganti oli?

Oli yang ada sekarang tuh banyak jenisnya, dari yang mineral sampe yang full synthetic, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

Setiap pabrikan oli punya senyawa khusus buat oli mereka, semacam rahasia kunci buat ngeboost kinerja dan daya tahan mesin.

Efek samping gonta-ganti oli?

Nah, ini tuh bikin pro dan kontra banget, dan muncul banyak pendapat. Coba simak deh:

Pendapat Pertama Kalo kita sering gonta-ganti oli, bisa aja ada sisa-sisa senyawa dari oli sebelumnya yang numpuk di mesin dan ngasih efek kurang oke ke kinerja mesin. Soalnya tiap oli punya formulasi yang beda-beda.

Pendapat Kedua Gonta-ganti oli nggak bakal bikin masalah, selama ganti oli setiap bulan sekali. Asal oli yang kita pake sesuai sama standar yang direkomendasiin pabrikan kendaraan, dan jangan campur aduk antara oli motor matic sama manual. Ntar kalo gonta-ganti, yang kita rasain cuman beda kualitas oli aja, bisa lebih bagus atau sebaliknya.

Kalo aku sih milih pendapat kedua, asal sebelum ganti oli, pastiin sisa oli lama bersihin sebersih-bersihnya, misalnya pakai kompresor biar oli lama keluar semua. Terus pastiin kode kekentalan oli sesuai sama rekomendasi pabrikan motor.

Misalnya, oli dengan kadar SAE-10-40 diganti pake oli SAE 20-40, ini bisa pengaruhi kinerja mesin. Biasanya kalo lebih kental, mesin jadi berat, kalo lebih encer, risiko gesekan komponen langsung.

Bisa ribet juga kalo kita nggak nyaman sama merk oli tertentu. Misalnya pas ganti oli dari yang biasa ke yang lebih bagus. Malah bikin deg-degan takutnya mesin motor jadi ribet.

Yang penting, pastiin dulu oli lama bersih supaya nggak campur aduk kimia.

Nah, sisanya, terserah kalian deh mau pilih yang mana yang menurut kalian lebih bagus. Yang penting, jangan lupa, rajin ganti oli ya, sobat oto! Biar mesin tetap sehat dan kendaraan selalu siap jalan-jalan lagi.

Hai, jangan lupa bagikan tulisan

Adakah Efek Samping Gonta Ganti Merek Oli Motor ?

di sosial media kesayangan Anda...
Facebook Twitter Google+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *