Kolom Pencarian Menu Utama
Apa itu Idling Stop System

Hai Sobat Oto! Saat ini, di Indonesia, kita punya banyak motor keren yang dilengkapi fitur ISS (Idling Stop System) dari Honda atau fitur serupa dari Yamaha yang disebut Start Stop System (SSS). Contohnya, Honda Beat menggunakan ISS, sementara Yamaha Mio M3 menggunakan SSS.

Apa itu Idling Stop System?

Fitur Idling Stop System (ISS) adalah teknologi canggih yang ditanamkan pada beberapa model motor, termasuk motor Honda dan Yamaha. Nah, Sobat Oto, ISS ini punya peran penting dalam mengoptimalkan penggunaan bahan bakar.

Fitur ini katanya bisa bikin hemat bahan bakar, lho! Caranya dengan mematikan mesin saat kita lagi nggak butuh jalan, misalnya lagi nunggu lampu merah. Meskipun beda merk, cara kerjanya ISS dan SSS ini sebenarnya mirip, loh!

Cara Kerja Idling Stop System

Apa itu Idling Stop System

Yuk, kita bahas cara kerjanya!

  1. Cara Kerja Idling Stop System (ISS) ala Honda
    • Tekan tombol Idling Stop pas lagi berhenti.
    • Mesin berputar pada 1700 rpm +/- 100.
    • Suhu mesin di atas 60 derajat Celcius.
    • Motor sudah jalan lebih dari 10 km/jam.
    • Gas ditutup penuh.
    • Motor berhenti setidaknya 3 detik (kalau Yamaha, katanya 5 detik), nanti lampu indikator berkedip, mesin mati sendiri.
  2. Cara Kerja Start Stop System (SSS) ala Yamaha
    • Nyalain tombol SSS.
    • Motor sudah jalan lebih dari 10 km/jam.
    • Suhu mesin minimal 50 derajat Celcius.
    • SSS aktif saat berhenti 5 detik dengan gas ditutup penuh.
    • Mesin mati sendiri, dan indikator SSS berkedip. Kalau mau nyalain lagi, tinggal buka gas.

Sederhana, kan? 😀

Apa Kegunaan Fitur ISS?

Kelebihan utama ISS adalah menghemat bahan bakar. Ketika mesin mati saat berhenti, tentu saja tidak ada pembakaran bahan bakar yang terjadi. Ini membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien dan ramah lingkungan. Jadi, kamu nggak cuma hemat uang, tapi juga ikut menjaga kebersihan udara, Sobat Oto!

Kelemahan Idling Stop

Tentu, setiap teknologi pasti punya sisi downside-nya. Kelemahan utama ISS adalah jika kamu sering berhenti dan menyala dalam waktu singkat, misalnya di kondisi lalu lintas yang padat, ISS bisa jadi kurang efektif dan malah memakan lebih banyak energi.

Apakah Sistem Idling Stop Boros Aki?

Tapi, ada yang bilang, nih, fitur ini bisa bikin aki motor tekor, loh! Karena fitur ini suka mati-mati sendiri (dengan syarat-syarat tadi), ada kekhawatiran bahwa aki bisa cepet rusak.

Tapi tenang aja, Sobat Oto, pabrikan motor udah mikirin ini. Mereka udah ngehitung kebutuhan arus listrik aki supaya ISS Honda dan SSS Yamaha tetap berjalan oke, dan aki tetap awet. Jadi, enjoy aja pakai skuter matic, asal sesuai sama saran pabrikannya.

Semoga penjelasan ini bermanfaat, Sobat Oto! Happy riding! 😀

Hai, jangan lupa bagikan tulisan

Cara Kerja Fitur Idling Stop System (ISS) atau Start Stop System (SSS)

di sosial media kesayangan Anda...
Facebook Twitter Google+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *