Kolom Pencarian Menu Utama

Hei Sobat Oto, nih kita bahas tentang teknologi keren yang bikin motor semakin seru, yaitu Throttle By Wire yang digunakan oleh Honda CBR250RR 2 Silinder. Bayangin deh, seperti main tarik tambang tanpa tali, tapi kali ini di dunia motor, hehe. Jadi, gak pake kabel gas lagi nih, tapi pakai perangkat elektronik yang canggih!

Jadi begini, tangan sobat oto memutar gas, dan sensor yang tertanam di handlebar membaca sejauh mana Anda memutar secara elektronik. Sensor ini, yang disebut Accelerator Position Sensor (APS), mengirimkan sinyal ke Electronic Control Unit (ECU). Selanjutnya, ECU menyesuaikan pembukaan throttle body berdasarkan data yang diterima.

Jadi, besarnya gas yang kita putar bakal diubah ke dalam sinyal listrik lewat transporder, semacam konverter analog ke digital gitu. Hasilnya adalah sinyal listrik yang dikirim ke ECU, yang selanjutnya bakal baca apa yang kita lakukan dan atur bukaan katup di throttle body.

Nih, ada kelebihan Throttle By Wire yang seru banget:

  1. Hemat Biaya Perawatan Karena gak pake tali gas, jadi hemat biaya perawatan. Plus, teknologi ini bisa bantu hemat bahan bakar. Mantap, kan?
  2. Presisi Lebih Tinggi Buka-tutup bahan bakar dikontrol oleh ECU, jadi lebih presisi. Efisiensi bahan bakar juga makin oke, Sobat Oto.
  3. Riding Mode Keren Khususnya buat CBR250RR, ada riding mode seperti Comfort, Sport, dan Sport+. Dengan opsi mode ini, ECU bisa sesuaikan respons Throttle Body saat gas diputar. Seru banget!
  4. Efisiensi Bahan Bakar Throttle By Wire tidak hanya menghemat uang Anda; itu juga membantu Anda menghemat bahan bakar. Sinkronisasi putaran gas dan injeksi bahan bakar yang dikendalikan secara digital di butterfly throttle body memastikan proses pembakaran yang lebih efisien. Efisiensi bahan bakar Anda baru saja mendapatkan peningkatan besar.

Tapi, tentu ada juga kekurangan:

  1. Respon Lambat Karena gas yang ringan, responnya bisa jadi agak lambat. Tapi tenang, Honda tanggulangi ini dengan fitur Throttle Response Controller yang dikenal sebagai Accelerator Position Sensor. Jadi, gas nggak bakal gampang berubah-ubah saat kita di jalan yang bergoyang.
  2. Tidak Cocok untuk Offroad Sistem ini mungkin kurang cocok buat motor offroad yang butuh kebebasan buka-tutup gas sesuai keadaan jalan. Tapi gak masalah, karena Honda punya solusi dengan memasang tali gas pada motor offroad mereka.

Jadi, Sobat Oto, dengan Throttle By Wire, kita bisa merasakan sensasi berkendara yang lebih canggih dan efisien. Selamat menikmati teknologi terbaru dari Honda, ya!

Hai, jangan lupa bagikan tulisan

Cara Kerja Throttle By Wire, Kekurangan dan kelebihannya

di sosial media kesayangan Anda...
Facebook Twitter Google+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *