Kolom Pencarian Menu Utama

Pasti sering Sobat Oto lihat motor yang ngeluarin asap hitam tebal dari knalpotnya, kan? Warnanya pekat banget, bisa bikin risih pengendara di belakang kita, dan yang lebih penting lagi, nambahin tingkat polusi udara. Nah, penasaran nggak, apa sih yang bikin knalpot motor jadi penghasil asap?

Motor yang udah berumur lebih dari 5 tahun biasanya suka banget ngeluarin asap. Nah, itu bisa karena berbagai masalah nih. Tapi, buat motor yang masih tergolong baru juga bisa, lho. Entah itu gara-gara kesalahan waktu perakitan di pabrik atau mungkin ada kesalahan pengguna motornya.

Nah, kalo motor 2-tak beda cerita, motor genre 2-tak pake oli samping untuk proses pembakarannya di mesin. Jadi, kalo knalpotnya ngeluarin asap putih, itu masih dikatain normal. Soalnya, oli samping dan bahan bakar bercampur dengan baik.

Tapi kalo motor 4-tak yang nggak pake oli samping, terus ada asap yang keluar, wah, bisa jadi tanda-tanda mesin lagi nggak baik, nih. Mungkin pembakarannya kurang sempurna.

Apa Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Asap?

Yuk, kita bahas penyebab knalpot motor ngehasilin asap hitam pekat!

  1. Bahan Bakar Nggak Terbakar: Kalo motor Sobat Oto ngeluarin asap hitam, bisa jadi bahan bakarnya nggak terbakar dengan sempurna. Solusinya, bisa coba ngatur ulang campuran bahan bakar sama udara. Gampangnya, cek CO atau baud air ratio, terus atur sesuai kebutuhan motor Sobat Oto.
  2. Filter Udara Kotor: Kalo filter udaranya udah kotor, udara jadi tersumbat dan nggak bisa masuk bersih. Akibatnya, udara masuk jadi kurang. Nah, solusinya ganti aja filter udaranya.
  3. Busi Udah Jelek: Kalo businya udah jelek, bisa menyebabkan pembakaran yang nggak sempurna di ruang bakar. Solusinya sih, ganti aja businya.

Penyebab Motor Mengeluarkan Aspa Putih

  1. Ring Piston Aus: Kalo ring pistonnya aus, oli jadi nggak tersapu bersih di dinding silinder. Akibatnya, oli mesin bisa bocor ke ruang bakar.
  2. Klep Keras dan Sobek: Klep yang keras dan sobek bisa bikin batang klep jadi longgar. Nah, oli bisa masuk ke ruang bakar dan ngehasilin asap pekat dari knalpot.
  3. Piston Baret: Kalo pistonnya baret, juga bisa ngehasilin asap. Soalnya, oli yang bocor ikut terbakar.
  4. Packing Mesin Bocor: Meski kemungkinannya kecil, kalo packing oli bocor, bisa bikin masalah yang sama. Tapi ya, ini jarang banget terjadi sih.

Apakah Knalpot Berasap Berbahaya?

Sobat Oto, pertanyaan ini mungkin ada di benak Sobat Oto. Sebenarnya, knalpot yang mengeluarkan asap bisa menjadi pertanda adanya masalah pada motor. Meskipun tidak selalu berbahaya, asap hitam pekat dapat mengindikasikan pembakaran yang tidak efisien, sedangkan asap putih dapat menggambarkan masalah pada sistem oli.

Jika Sobat Oto terus mengalami masalah knalpot yang mengeluarkan asap, sebaiknya segera dibawa ke bengkel untuk pengecekan lebih lanjut. Menangani masalah knalpot dengan cepat dapat mencegah kerusakan lebih lanjut pada komponen-komponen mesin.

Jangan lupa, kalo motor Sobat Oto terus menerus ngeluarin asap pekat, lebih baik bawa ke bengkel. Soalnya, komponen-komponen yang bermasalah perlu ditangani dengan hati-hati. Kalo dibiarkan aja, bisa aja masalahnya nular ke komponen lain yang jadi rusak. Semoga bermanfaat, ya, Sobat Oto!

Hai, jangan lupa bagikan tulisan

Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Asap Beikut Ini Solusinya

di sosial media kesayangan Anda...
Facebook Twitter Google+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *