Kolom Pencarian Menu Utama

Rantai dan gear memiliki peran krusial dalam meningkatkan kenyamanan berkendara dan performa sepeda motor. Jika kondisi rantai sudah tidak memadai, hal ini dapat mengakibatkan penurunan performa motor, membuatnya terasa lebih berat saat mempercepat.

Mengganti rantai motor adalah salah satu langkah penting dalam merawat kendaraan kesayangan. Agar kamu nggak bingung, yuk kita bahas bersama ciri-ciri rantai motor yang harus segera diganti!

Kapan Harus Ganti Rantai Motor

Pertanyaan pertama yang sering muncul adalah kapan sih rantai motor harus diganti?. Jawabannya,adalah ketika kamu melihat adanya tanda-tanda kerusakan seperti di bawah ini :

Cara Mendeteksi Kerusakan Rantai Motor

Bagaimana sih cara mendeteksi kerusakan rantai motor? Sobat Oto, pertama-tama, perhatikan apakah ada bagian rantai yang terlihat aus atau berkarat. Sentuh dan raba rantai, jika terasa kasar atau berbunyi gesekan yang aneh, itu pertanda rantai sedang bermasalah. Jangan lupa, perhatikan juga apakah rantai tampak melenceng dari posisi normalnya.

Berapa Lama Daya Tahan Rantai Motor

Berapa lama sih rantai motor bisa bertahan? Ini tergantung pada seberapa sering kamu menggunakannya dan bagaimana kamu merawatnya. Rantai motor yang mendapatkan perawatan rutin, seperti pelumasan yang cukup dan pembersihan berkala, bisa tahan lebih lama. Umumnya, rantai motor yang baik bisa bertahan antara 20.000 hingga 30.000 kilometer.

Perlukah Ganti Gear Saat Mengganti Rantai

Nah, Sobat Oto, seringkali pertanyaan selanjutnya adalah apakah kita harus mengganti gear saat mengganti rantai motor? Jawabannya tidak selalu. Namun, disarankan untuk memeriksa keausan gear saat rantai dilepas. Jika gear juga sudah mulai aus, sebaiknya ganti keduanya untuk memastikan performa motor tetap optimal.

Hai, jangan lupa bagikan tulisan

Kapan dan Ciri Rantai Motor Harus Diganti

di sosial media kesayangan Anda...
Facebook Twitter Google+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *