Kolom Pencarian Menu Utama

Rem CBS Honda, atau yang biasa disebut Combi-Brake System, adalah teknologi pengereman yang telah menjadi ciri khas motor matik Honda. Konsepnya sederhana namun efektif. Rem CBS mengintegrasikan kinerja rem depan dan belakang, di mana tuas rem kiri yang umumnya hanya mengontrol rem belakang, pada motor matik Honda dengan rem CBS, menekan tuas rem tangan kiri akan membuat rem depan dan belakang berfungsi bersamaan.

Ternyata, teknologi CBS ini bukanlah hal baru di dunia Honda, sebab aplikasinya sudah dimulai sejak tahun 1983 pada motor GL1100 Gold Wing. Sejalan dengan perkembangan teknologi, Honda terus berinovasi, dan teknologi CBS pun berhasil diintegrasikan pada jajaran motor Honda yang disebutkan tadi.

Semua motor menggunakan sistem rem pada roda depan dan belakang untuk mengurangi kecepatan atau menghentikan kendaraan yang sedang bergerak. Rem depan biasanya lebih responsif dibandingkan rem belakang, dan sering digunakan untuk pengereman jarak pendek. Sebaliknya, rem belakang lebih efektif untuk pengereman jarak lebih panjang.

Namun, jika hanya rem depan yang digunakan untuk pengereman mendadak pada kecepatan tinggi, motor dapat terpelanting. Ini disebabkan oleh tekanan yang besar pada suspensi depan sehingga suspensi belakang meregang, menyebabkan gaya dorong ke depan. Oleh karena itu, penggunaan kedua rem secara bersamaan, yang dihadirkan oleh teknologi CBS, memberikan pengereman yang lebih efektif dan aman.

Apa Itu Rem CBS?

Untuk memenuhi kebutuhan pengereman yang lebih optimal, Honda memperkenalkan teknologi Combi-Brake System (CBS). Teknologi ini menggabungkan kinerja rem depan dan rem belakang melalui tuas rem kiri. Biasanya, tuas rem kiri hanya digunakan untuk rem belakang pada motor matic. Namun, Honda mengubah fungsinya sehingga dengan menekan tuas rem tangan kiri, rem depan dan belakang akan berfungsi secara bersamaan.

Dengan teknologi ini, pengendara dapat melakukan pengereman dengan jarak yang lebih pendek dan bobot pengereman yang seimbang antara rem depan dan belakang sesuai dengan kebutuhan.

Fitur CBS juga tetap berfungsi ketika tuas rem belakang ditarik saja. Jadi, jika tuas rem depan ditekan, CBS tidak aktif, yang berarti rem belakang tidak ikut berfungsi. Meskipun menggunakan Sistem CBS, pengendara tetap disarankan untuk menggunakan rem depan agar proses deselerasi berjalan lancar.

Cara Kerja Rem CBS

Ketika tuas rem kiri ditekan, equalizer gaya akan mendistribusikan tekanan secara merata ke rem roda belakang dan rem depan. Ini dilakukan untuk menekan knocker yang kemudian menekan piston hidrolik, mengaktifkan rem cakram depan. Dengan cara ini, kekuatan pengereman secara otomatis terbagi pada kedua roda depan dan belakang.

Teknologi ini membantu pengendara motor, terutama para pemula, untuk melakukan pengereman secara aman dan efisien, mengingat CBS memungkinkan distribusi pengereman yang merata.

Perbedaan Antara Rem CBS dan ABS: Mana yang Cocok untuk Matik Honda?

Perbedaan mendasar antara Rem CBS Honda dan Anti-lock Braking System (ABS) terletak pada kendali distribusi pengereman. Jika ABS bekerja untuk mencegah ban terkunci pada pengereman mendadak, rem CBS lebih berfokus pada pengaturan seimbang antara roda depan dan belakang. Untuk motor matik Honda, rem CBS lebih dianjurkan karena memberikan kontrol pengereman yang lebih merata.

Namun, perlu diingat, pengguna motor Honda dengan fitur ini perlu memperhatikan ketika mengganti kampas rem belakang baru. Disarankan untuk mengatur kembali mur penyetel knocker joint yang terletak di bawah master rem. Jika kurang yakin, sebaiknya minta bantuan mekanik yang berpengalaman, karena setingan mur adjuster dapat memengaruhi kinerja CBS secara keseluruhan.

Dalam memilih teknologi pengereman, Sobat Oto dapat mempertimbangkan Rem CBS Honda sebagai pilihan cerdas untuk motor matik. Dengan keunggulannya dalam distribusi pengereman yang merata, Rem CBS memberikan tingkat keamanan yang tinggi, terutama dalam situasi pengereman mendadak.

Hai, jangan lupa bagikan tulisan

Apa yang dimaksud dengan rem CBS? dan Fungsinya

di sosial media kesayangan Anda...
Facebook Twitter Google+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *