Kolom Pencarian Menu Utama

Berkendara bareng teman-teman itu seru banget, apalagi kalo lagi touring! Tapi, biar kompak dan nggak kacau, penting nih punya bahasa isyarat sendiri. Kode tangan, kaki, dan klakson jadi andalan buat komunikasi di jalan.

Sebelum berangkat, pasti ada yang jadi pemimpin rombongan, si Voorijder (VJ) di depan dan Sweeper (SW) di belakang. Mereka yang punya tugas penting banget, soalnya harus paham kode isyarat buat jaga kekompakan rombongan.

Nah, buat yang masih bingung dengan kode-kode touring, ini dia penjelasannya:

Engine On

kode-atau-bahasa-isyarat-touring-nyalakan-mesin

Tangan kanan diangkat, dan jari telunjuk diputar-putar. Artinya: “Hidupin mesin, guys!”

Belok Kiri

Voorijder turunin tangan ke samping bawah, lurusin tangan dengan kemiringan 45 derajat. Ini kode buat belok kiri, jadi siap-siap!

Belok Kanan

Voorijder angkat tangan kiri, naikin jari telunjuk, terus ayunin ke kanan. Kalo yang ngasih kode SW, tinggal turunin tangan kanan.

Ada Hambatan atau Lubang di Sebelah Kiri/Kanan

Kaki kiri diturunin buat ngekodein ada hambatan di sebelah kiri, kaki kanan kalo hambatan di kanan. Ini buat jaga keamanan, nih!

Ada Sesuatu di Sebelah Kiri

Tangan kiri digerakin ke bawah, buka jari telunjuk. Artinya: “Ada sesuatu di sebelah kiri, hati-hati, ya!”

Menambah Kecepatan

Tangan kiri diangkat, nunjukin jari telunjuk ke depan. Maknanya: “Kita gas lagi, guys!”

Mengurangi Kecepatan

Telapak tangan kiri dibuka-buka pelan. Ini kode buat nyuruh rombongan buat pelan-pelan, nih. Biar aman!

Merapatkan Barisan

Telapak tangan kiri dikepalkan, diarahin ke atas dengan gerakan beberapa kali. Artinya: “Rapatkan barisan, hati-hati!”

Membuat 2 Barisan Motor

Tangan kiri diangkat, buka dua jari. Kode buat bikin dua barisan, biasanya kalo jalan sepi.

Membuat 1 Barisan

Tangan kiri diangkat tinggi, ditempatin di atas helm, buka telapak tangan, ayunin sebentar. Artinya: “Satu barisan aja, guys!”

Berhenti

Tangan kiri diarahkan ke bawah, telapak tangan dibuka. Ini kode buat berhenti, jadi langsung diikutin, ya!

Jadi, sekarang udah paham kan kode-kode seru buat touring? Biar perjalanan makin asyik dan aman! 😄🏍️

Hai, jangan lupa bagikan tulisan

Inilah Daftar Kode Isyarat Touring Motor yang Perlu Sobat Tahu

di sosial media kesayangan Anda...
Facebook Twitter Google+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *