Kolom Pencarian Menu Utama

Motor matic saat ini telah mengungguli popularitas motor bebek. Banyak orang lebih memilih motor matic karena kemudahan penggunaan, efisiensi, dan banyaknya kegunaan, dibandingkan dengan motor bebek yang menggunakan transmisi manual. Kondisi ini menyebabkan banyak konsumen beralih ke motor matic di Indonesia, di mana berbagai jenis dan spesifikasi motor matic dapat dengan mudah ditemui.

Menurut data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan motor matic mencapai 4.877.725 unit hanya pada tahun 2015. Meskipun motor matic dianggap praktis dan efisien, seperti halnya motor bebek, motor ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum membelinya.

Biar enggak bingung memilih mana yang lebih baik sepeda motor manual atau matic, kita bahas saja poin-poin yang bisa dijadikan bahan pertimbangan, dan apa yang menjadi alasan utama konsumen memilih motor matic.

Kelebihan Motor Matic:

Mudah Mengoperasikannya
Penggunaan motor matic sangat mudah; cukup mengatur gas dan rem tanpa perlu mengoperasikan gigi atau kopling.

Lincah dan Gesit
Motor matic memiliki wheelbase pendek, membuatnya mudah untuk bermanuver terutama dalam kondisi lalu lintas padat.

Cocok untuk Membawa Banyak Barang
Bagasi motor matic lebih luas daripada motor bebek, memungkinkan penyimpanan helm, jas hujan, sepatu, dan lainnya. Cocok untuk aktivitas sehari-hari.

Baca juga : Ciri Ciri Oli Motor Harus Diganti, Kapan Waktunya ?

Jalan-jalan Keluarga
Motor matic cocok untuk perjalanan keluarga dan antar-jemput anak-anak karena praktis dan mampu bermanuver dengan bobot yang berat.

Desain Bervariatif
Motor matic memiliki desain yang bervariatif, memberikan konsumen banyak pilihan sesuai selera.

Kekurangan Motor Matic

Boros BBM
Meskipun menggunakan sistem injeksi, motor matic cenderung lebih boros bahan bakar dibandingkan dengan motor bebek, terutama yang juga menggunakan sistem injeksi.

Diameter Roda Kecil
Ukuran roda kecil pada motor matic membuatnya kurang nyaman saat melewati jalan yang tidak rata atau polisi tidur.

Rutin Cek Bengkel
Pengguna motor matic perlu rajin melakukan pengecekan di bengkel karena penggunaan CVT yang membutuhkan perawatan lebih sering.

Biaya Perawatan Mahal
Perawatan motor matic cenderung lebih mahal daripada motor manual, termasuk pembelian perlengkapan tambahan.

Tidak Cocok untuk Medan Terjal
Motor matic kurang cocok untuk medan jalan yang terjal atau berbatu karena diameter roda kecil dan bentuk roda yang tidak mendukung kenyamanan berkendara.

Selain itu, penggunaan motor matic untuk membawa beban berat juga kurang disarankan karena dapat mempengaruhi performa motor. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli motor matic, penting untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya agar dapat memenuhi kebutuhan pengguna dengan tepat.

Hai, jangan lupa bagikan tulisan

Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic Ketimbang Motor Manual

di sosial media kesayangan Anda...
Facebook Twitter Google+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *