Kolom Pencarian Menu Utama

Seperti lika-liku dalam perjalanan hidup yang kadang tidak selalu mulus, aktivitas berkendara juga tidak terlepas dari tantangan, terutama saat melintasi jalan rusak. Salah satu masalah yang sering muncul adalah kerusakan pada komponen roda motor, seperti velg racing yang mengalami penyok. Penyok ini bisa terjadi akibat tabrakan atau hantaman ban pada jalan berlubang.

Meskipun penyoknya hanya sedikit, kemiringan pada velg dapat sangat terasa dan mengurangi kenyamanan berkendara. Bahkan, dalam situasi yang lebih ekstrem, seperti saat melakukan tikungan, pengendara bisa terpelanting. Oleh karena itu, penting untuk tidak mengabaikan kerusakan pada velg.

Dapatkah Velg yang Penyok Diperbaiki?

Tentu, velg yang mengalami penyok umumnya bisa diperbaiki. Namun, kesuksesan dari proses perbaikan ini sangat tergantung pada tingkat kerusakan yang dialami. Velg yang mengalami penyok ringan seringkali dapat diperbaiki dengan menggunakan alat khusus atau dengan mengunjungi bengkel yang menyediakan layanan perbaikan velg.

Apakah Velg yang Bengkok Masih Bisa Dipakai?

Sebaiknya, velg yang mengalami kerusakan bengkok tidak digunakan, karena dapat memengaruhi stabilitas dan keseimbangan motor. Penggunaan velg yang bengkok dapat menimbulkan masalah keselamatan dan berpotensi merusak komponen lain pada sepeda motor. Disarankan untuk segera mengganti velg yang bengkok dengan yang baru atau melakukan perbaikan di bengkel yang memiliki keahlian khusus.

Apakah Velg Racing Dapat Dipres?

Iya, velg racing memiliki kemampuan untuk dipres atau ditekan kembali ke bentuk semula menggunakan alat pres yang tersedia di bengkel. Namun, keberhasilan dari proses perbaikan ini sangat bergantung pada tingkat kerusakan yang dialami velg, serta keterampilan teknisi yang menjalankan proses pengepresan.

Cara memperbaiki velg racing yang penyok

Velg racing yang lunak bisa diperbaiki dengan memukulnya dengan balok kayu sampai lurus kembali. Sementara itu, velg bawaan pabrik yang lebih keras perlu dipanaskan terlebih dahulu agar lebih mudah diluruskan dengan cara dipukul menggunakan balok kayu.

Untuk velg yang mengalami kerusakan lebih parah, seperti pecah, dapat diperbaiki dengan cara merapikannya menggunakan dempul dan lem. Bagian yang pecah dapat disambungkan kembali dengan dilas secara manual. Proses ini melibatkan penggunaan lem dan dempul untuk menutup pori-pori sehingga velg lebih kuat.

Perlu diingat bahwa meskipun mungkin memungkinkan untuk memperbaiki velg racing yang rusak, hasilnya tidak selalu dapat mengembalikan kondisinya seperti sedia kala. Alternatif lain yang bisa dicoba adalah dengan melakukan pengepresan menggunakan alat pres di bengkel yang menyediakan layanan tersebut.

Hai, jangan lupa bagikan tulisan

Cara Memperbaiki Velg racing Yang Penyok atau Retak

di sosial media kesayangan Anda...
Facebook Twitter Google+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *