Kolom Pencarian Menu Utama

Velg motor adalah salah satu komponen yang tidak boleh diabaikan dalam perawatan kendaraan kita. Tanpa velg yang baik, motor kita tidak akan berjalan dengan lancar. Kita bahas cara merawat velg motor agar awet pada kesempatan kali ini.

Kerusakan pada velg juga dapat mengurangi kenyamanan berkendara, bahkan bisa berpotensi mengancam keselamatan kita. Oleh karena itu, perawatan velg motor menjadi sangat penting.

Sebelumnya perlu kita ketahui bahwa terdapat dua jenis velg yang umum digunakan pada sepeda motor, yaitu casting wheel yang sering disebut sebagai velg racing, dan spoke wheel (velg jari-jari). Berikut adalah beberapa tips cara merawat velg motor agar tetap awet dan berfungsi dengan baik.

Menjaga Kebersihan Velg Motor

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan dari velg itu sendiri. Velg yang bersih tidak hanya terlihat lebih menarik, tetapi juga akan lebih tahan lama. Debu, kotoran, dan zat korosif seperti garam dapat merusak velg seiring waktu. Mencuci velg secara berkala dengan sabun dan air bersih adalah cara sederhana untuk menjaga kebersihannya.

Pengaturan Tekanan Udara Ban

Penting untuk selalu memeriksa dan mengatur tekanan udara pada ban motor secara berkala. Tekanan udara yang tidak sesuai, baik terlalu keras maupun terlalu lembut, dapat mempengaruhi kinerja velg dan ban. Tekanan udara yang terlalu tinggi dapat menyebabkan daya redam ban berkurang, sehingga tekanan lebih besar diteruskan ke velg. Sebaliknya, tekanan udara yang terlalu rendah dapat meningkatkan risiko kerusakan pada velg saat melintasi lubang atau rintangan di jalan.

Mengganti Ban dengan Hati-hati

Saat mengganti ban motor, pastikan untuk melakukannya dengan hati-hati dan menggunakan alat yang tepat. Penggunaan alat yang tidak sesuai atau teknik yang kasar dapat menggores atau merusak cat velg. Selalu periksa kondisi velg saat mengganti ban dan pastikan tidak ada kerusakan atau tanda-tanda aus yang perlu diperbaiki.

Fokus dan Konsentrasi Saat Berkendara

Ketika berkendara, selalu berfokus dan konsentrasi sepenuhnya pada jalan. Hindari jalan yang berlubang atau rusak, terutama jika Anda sedang melaju dengan kecepatan tinggi. Menginjak jalan berlubang atau rintangan dapat menyebabkan benturan yang berpotensi merusak velg. Selain itu, berkendara dengan hati-hati juga merupakan langkah penting untuk menjaga keselamatan Anda di jalan.

Hindari Beban Berlebihan

Ketangguhan velg sepeda motor, sehebat apapun, memiliki batasan beban yang dapat diakomodasi. Jika beban yang dibawa terlalu berat, risiko terjadinya deformasi, keretakan, bahkan kerusakan total pada velg akan semakin tinggi. Terutama jika kondisi ini terus-menerus terjadi.

Rutin Setel Velg

Bagi pemilik sepeda motor yang menggunakan spooke wheel (jari-jari), dianjurkan untuk melakukan penyetelan velg secara rutin. Dalam kontrast dengan velg cast wheel, velg berjari-jari dapat mengalami penurunan kekokohan seiring waktu. Sebaiknya, lakukan penyetelan ulang velg setiap enam bulan agar tetap mempertahankan kekuatan yang optimal.

Menganti Ban Sesuai Ukuran Velg

Dalam merawat velg motor, penting untuk memiliki kesadaran terhadap pentingnya komponen ini dalam kinerja keseluruhan kendaraan.


Dengan merawat velg secara teratur dan mengikuti tips di atas, Anda dapat mempertahankan keawetan dan kestabilan velg motor Anda, sehingga dapat menikmati perjalanan yang aman dan nyaman.

Hai, jangan lupa bagikan tulisan

7 Cara Merawat Velg Motor Agar Awet

di sosial media kesayangan Anda...
Facebook Twitter Google+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *