Kolom Pencarian Menu Utama

Penting untuk memastikan bahwa lampu kendaraan kita selalu berfungsi dengan baik dan terang. Terdapat beberapa cara yang bisa diterapkan untuk membuat lampu depan sepeda motor lebih terang.

Ketika lampu sepeda motor terlalu redup, ini bisa menyebabkan kita “kalah bersaing” dengan lampu kendaraan lain yang lebih terang. Selain itu, lampu yang redup juga dapat menyebabkan silau dan mengganggu konsentrasi kita saat melihat ke depan.

Selain sebagai penerangan, lampu depan juga berfungsi sebagai penanda keberadaan kita kepada kendaraan lain di jalan, yang sangat penting untuk menghindari kecelakaan terutama di jalan yang minim pencahayaan. Oleh karena itu, kita perlu tahu bagaimana cara agar lampu depan lebih terang.

Jenis sistem kelistrikan pada motor

Pertama, kita perlu memahami bahwa ada dua jenis sistem kelistrikan pada sepeda motor, yaitu AC (arus bolak-balik) dan DC (arus searah).

Secara sederhana, sistem kelistrikan AC biasanya ditemukan pada sepeda motor tipe bebek atau matic. Pada jenis ini, lampu utama akan menyala hanya setelah mesin dihidupkan.

Sementara itu, sistem kelistrikan DC, seperti yang digunakan oleh Honda Tiger, memungkinkan lampu untuk menyala meskipun mesin dalam kondisi mati, asalkan kunci kontak dalam posisi ON.

Sebagian orang menganggap bahwa mengganti bohlam dengan spesifikasi yang lebih tinggi dapat membuat lampu menjadi lebih terang. Meskipun hal ini benar, namun berlaku hanya untuk sepeda motor dengan sistem kelistrikan DC.

Motor dengan sistem kelistrikan AC

Untuk sepeda motor dengan sistem kelistrikan AC, ada trik sederhana yang dapat membuat lampu lebih terang, yaitu dengan mengganti bohlam yang memiliki daya (watt) lebih rendah daripada yang aslinya, bukan yang lebih tinggi.

Sebagai contoh, jika sepeda motor Anda menggunakan bohlam dengan spesifikasi 35W/12V, Anda bisa menggantinya dengan bohlam berdaya 25W/12V, atau bahkan 18W/12V, untuk membuat lampu menjadi lebih terang.

Motor dengan sistem kelistrikan DC

Sementara itu, untuk sepeda motor dengan sistem kelistrikan DC, seperti Honda Tiger, Anda dapat menggunakan bohlam dengan daya yang lebih tinggi untuk meningkatkan kecerahan lampu.

Hai, jangan lupa bagikan tulisan

Cara Agar Lampu Depan Lebih Terang, Untuk Motor Lama & Baru

di sosial media kesayangan Anda...
Facebook Twitter Google+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *