Kolom Pencarian Menu Utama

Pernahkah Anda melakukan perjalanan ke suatu daerah dan menemukan perbedaan harga BBM dibandingkan dengan daerah asal Anda? Penting untuk diketahui bahwa harga BBM Pertamina bervariasi di setiap daerah, terutama untuk jenis BBM nonsubsidi.

Bahkan, harga Pertamax CS di Jakarta dapat lebih murah dibandingkan dengan lokasi lainnya. Tetapi, mengapa harga BBM Pertamina nonsubsidi berbeda di setiap daerah? Inilah penjelasannya.

BBM Subsidi dan BBM Nonsubsidi

Sebelum kita membahas mengenai perbedaan harga BBM nonsubsidi, penting untuk memahami perbedaan antara BBM subsidi dan nonsubsidi. Seperti yang kita ketahui, PT Pertamina (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang beroperasi dalam sektor energi.

Dengan demikian, pemerintah terlibat dalam menentukan harga BBM Pertamina. Salah satu cara yang digunakan adalah memberikan subsidi untuk beberapa jenis BBM, seperti Premium dan Solar, sehingga harga BBM tersebut menjadi lebih terjangkau.

Namun, tidak semua orang memiliki hak untuk menggunakan BBM subsidi. Penggunaan BBM subsidi harus sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia No. 18 Tahun 2013. Dengan mematuhi peraturan ini, kita dapat membantu pemerintah dalam penyaluran subsidi yang lebih tepat sasaran.

Jika Anda tidak memenuhi syarat untuk menggunakan BBM subsidi, Anda masih bisa memilih BBM nonsubsidi. Dalam hal ini, kualitas BBM yang Anda dapatkan akan sebanding dengan harga yang Anda bayarkan.

Alasan Perbedaan Harga BBM Pertamina Non Subsidi di Tiap Daerah

Jika Anda menemukan perbedaan harga BBM Pertamina nonsubsidi antara satu daerah dengan daerah lainnya saat mengisi bahan bakar, perbedaan ini memiliki alasan tertentu. Penentuan harga BBM juga mempertimbangkan biaya pengangkutan BBM ke daerah konsumen.

Secara sederhana, biaya pengangkutan ini ditanggung oleh konsumen, dan semakin jauh lokasi daerah tersebut dari kilang minyak, maka semakin tinggi harga BBM nonsubsidi di daerah tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa pemerintah juga berusaha untuk menjaga agar perbedaan harga tidak terlalu besar, agar pengendara tidak terlalu terbebani.

BBM Tetap Berkualitas

Meskipun harga BBM Pertamina nonsubsidi berbeda di setiap daerah, perlu diingat bahwa kualitasnya tetap sama baiknya. Ini karena PT Pertamina (Persero) menjalankan pengawasan ketat di setiap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) untuk memeriksa kualitas BBM sebelum dijual kepada pengendara.

Jenis BBM Non Subsidi

Setelah menjelaskan alasan perbedaan harga BBM nonsubsidi, beberapa jenis BBM nonsubsidi yang tersedia antara lain Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamax Racing, Pertamina Dex, dan Dexlite.

Hai, jangan lupa bagikan tulisan

Alasan Kenapa BBM Non Subsidi Berbeda-beda Tiap Daerah

di sosial media kesayangan Anda...
Facebook Twitter Google+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *